You're Here : Home Corat-Coret
Article
Menjalankan Aplikasi Pihak Ketiga Dalam IFRAME Pada Joomla
Sunday, 29 August 2010 00:00

Untuk menjalankan Aplikasi pihak ketiga pada Joomla ada beberapa cara, salah satunya dengan IFRAME. Setidaknya ada dua cara untuk melakukannya, yaitu dengan komponen com_wrapper dan plugin iframe. Disamping itu kita perlu membuat aplikasi pihak ketiga login/logout secara otomatis. Ini akan dilaksanakan dengan melewatkan sesi Joomla melalui URL.

Berikut cara-caranya :

I. Ekstensi Wrapper (com_wrapper)

Salin  component/com_wrapper/views/wrapper/tmpl/default.php kedalam  folder: template/<template_yang_digunakan>/html/ com_wrapper/wrapper/default.php.

Default template di Joomla 1.5 adalah ‘rhuk_milkyway’ sehingga kita perlu menyalin file default.php kedalam folder template/rhuk_milkyway/html/com_wrapper/ wrapper.

Jika didalam folder template yang kita gunakan tidak ada folder html/com_wrapper/wrapper maka harus dibuatkan terlebih dahulu.

Ubah file default.php dengan cara seperti berikut (lihat perubahan dalam huruf tebal).

defined(’_JEXEC’) or die(’Restricted access’);
$session =& JFactory::getSession();
$sid = $session->getId();

?>


name=”iframe”
src=”<?php echo $this->wrapper->url . “?sessionid=$sid”; ?>”
width=”<?php echo $this->params->get( ‘width’ ); ?>”

 

II. Wrapper plugin

Pendekatan lain adalah menggunakan plugin iframe.

Instal Plugin iframe pada situs Joomla dengan cara pilih Tab Menu Extensions pada backend Joomla lalu pilih install/uninstall, klik browse untuk mencari lokasi penyimpanan file plugin iframe. Setelah proses instalasi selesai selanjutnya aktifkan Plugin Iframe tersebut, pilih Tab Menu Extensions/Plugin Manager.

Berikutnya kita perlu melakukan sedikit perubahan pada file plugins/content/plg_iframe.php (lihat perubahan dalam huruf tebal).


defined( ‘_JEXEC’ ) or die();
$session =& JFactory::getSession();
$sid = $session->getId();

jimport( ‘joomla.event.plugin’ );

$params0['src'] = (@$params0['src'])? $params0['src'].”?sessionid=$sid”:$this->params->get( ’src’, ‘http://www.luyenkim.net’ );
if($url !=”) {

Sekarang kita masukkan script berikut ini pada setiap aplikasi:

{iframe}http://localhost/aplikasi/index.php{/iframe}

Kita dapat menggunakan salah satu metode di atas atau bahkan kedua metode sekaligus.

 

III. Tambahkan Sesi Joomla Ke Aplikasi Pihak Ketiga

Sekarang kita perlu membuat aplikasi pihak ketiga yang kita buat bisa memahami sesi Joomla. Sehinga hanya pengguna yang Login dengan group admin/superadmin yang bisa mengakses.

Buat file PHP, lalu masukkan Script dibawah ini :

<?
//$jconn=db_connect();
$link = mysql_connect(”localhost”, “root”, “password”) or die(’Could not connect: ‘ . mysql_error());
mysql_select_db(”nama_database”) or die(’Could not select database’);

if (@$_GET["sessionid"])

if (@$_SESSION["sessionid"])

Simpan file tersebut misal dengan nama test_app3.php, selanjutnya file ini jika diakses akan memanggil file nama_aplikasi.php (aplikasi pihak ketiga yang kita buat).

 

Sumber: http://forum.joomla.org/viewtopic.php?f=47&t=467927

 
Review Joomla 1.6 (bag.1)
Sunday, 29 August 2010 00:00

Joomla saat ini sedang mengembangkan Joomla versi terbaru yaitu Joomla versi 1.6. Kendatipun saat ini Joomla 1.5 masih belum ketinggalan jaman dan masih banyak digunakan oleh web designer/developer.

Namun rupanya pihak pengembang Joomla tidak menutup mata dan kuping karena perkembangan pesaing seperti Drupar berkembang sangat pesat.

Iseng ingin tahu hal baru apa yang ada dipersi 1.6, saya coba download versi beta teranyarnya 1.6 beta 8 lalu menginstalnya. tidak ada perbedaan mencolok dalam hal proses instalasi.

Setelah selesai menginstal saya coba masuk ke back end adminnya, perbedaan terasa sekali oleh mata karena tampilannya terasa lebih eye catching dibanding 1.5, warna biru terasa dominan ditemplate admin bawaan joomla 1.6.

Ada perbedaan tata letak menu, ada beberapa penambahan fitur, dan ada juga beberapa fitur di joomla 1.5 dihilangkan. Namun yang paling ekstrim tentunya dihilangkannya Section, Di Joomla 1.6 tidak ada lagi Section ketika kita akan membuat artikel, sehingga pembuatan artikel lebih cepat karena cukup membuat kategori.

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang bisa saya sharing menegnai Joomla 1.6. Insya Allah nanti saya akan bahas lebih lanjut mengenai Joomla 1.6.

 
Selamat Datang!
Sunday, 29 August 2010 00:00

Alhamdulillah, Setelah sekian lama tertunda oleh berbagai hal akhirnya situs ini selesai juga. Sudah lama rasanya saya ingin sekali menyelesaikan situs ini, tapi kendala selalu saja ada terlebih faktor 'M'.

Sempat terpikir akan dibikin seperti apa situs ini, blog, portal, atau berbasis flash. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya memakai Joomla. Ya seperti inilah jadinya.

Tentunya masih anyak kekurangan, tapi seiring dengan waktu insya Allah situs ini akan diperbaiki sehingga bisa menjadi situs yang mengeksperikan diri saya.

Yang bisa menjadikan saya rajin menulis, to be creative, sehingga bisa berguna bagi saya sendiri maupun bagi pengunjung situs ini.

 
Page 5 of 5

« StartPrev12345NextEnd »

Our Blog